Lama Proses KPR Sampai Akad Kredit

Informasi terkait lama proses KPR sampai akad kredit memang sering menjadi pertanyaan umum yang kerap kali diajukan. Hal ini menjadi wajar sebab pada umumnya tidak ada waktu pasti yang dapat digunakan untuk menentukan lama proses pengajuan KPR subsidi hingga tahap akad.

Waktu akad merupakan tahapan terakhir di mana proses pengajuan telah pasti diterima dan rumah yang diinginkan akan segera diperoleh. Oleh karena itu, semua nasabah tentu sudah tidak sabar untuk mencapai ke tahap ini.

Cara Cepat Lolos KPR Bank

Jika Anda ingin segera sampai ke tahapan akad kredit, maka terlebih dahulu pastikan bahwa pengajuan yang diapply dapat lolos. Bukan hal yang mudah untuk dapat tembus didanai oleh bank apalagi jika persiapan yang dilakukan tidak matang.

Advertisements

Maka dari itu, berikut merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengajuan cepat lolos dan segera akad kredit: Baca 5 Penyebab Pasti KPR Subsidi Ditolak Bank BTN

  • Pertimbangkan keuangan Anda

Cara pertama yang bisa menjamin bahwa Anda bisa lolos KPR adalah dengan mempertimbangkan segi keuangan yang dimiliki. Anda harus dapat melakukan perhitungan yang baik terkait gaji yang dimiliki pribadi maupun gaji pasangan.

Pilihlah rumah yang sekiranya sesuai dengan kemampuan. Jangan terbawa nafsu untuk membeli rumah impian namun tidak melakukan pertimbangan yang matang.

Pihak bank tentu tidak akan melakukan approved terhadap aplikasi jika Anda tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk dapat melakukan pelunasan hutang.

  • Kelengkapan dokumen

Lama proses KPR sampai akad kredit juga sangat dipengaruhi oleh kelengkapan dokumen. Sama halnya dengan penentuan lolos atau tidaknya KPR yang Anda ajukan, maka faktor dokumen sangat penting.

Misalnya pemastian kartu tanda penduduk telah tercatat dengan benar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau juga dokumen rumah yang akan dibeli. Mulai dari surat izin mendirikan bangunan hingga sertifikat tanahnya. Kelengkapan dokumen akan mempercepat proses menuju akad kredit.

Advertisements
  • Rencana yang matang

Cara cepat untuk cepat lolos selanjutnya adalah melakukan perencanaan untuk KPR dengan matang. Anda sudah harus memiliki rencana yang nyata untuk setiap langkah proses pengajuan. Misalnya masalah penentuan pihak developer yang akan menangani rumah Anda.

Pastikan telah menentukan pihak yang benar-benar terpercaya agar semua yang telah direncanakan dapat terwujud. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan masalah perencanaan uang. Baca Berapa Lama Proses KPR Subsidi Disetujui

Bagaimana nantinya Anda bisa mengatur keuangan yang dimiliki sehingga tidak terjadi penunggakan pembayaran cicilan. Anda juga bisa memperkirakan lama proses KPR sampai akad kredit jika sudah bisa melakukan perencanaan secara matang. Meskipun meleset, namun tidak akan terlalu jauh.

  • Pilihan bank yang tepat

Ada beberapa jenis bank yang menyediakan jasa KPR. Salah satu yang terbaik adalah PT Bank Tabungan Negara.

Bank ini bisa menjadi salah satu rekomendasi yang baik karena sejak beberapa tahun silam sudah langganan meloloskan kredit kepemilikan rumah. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pemrosesan juga relatif singkat.

Langkah Pengajuan KPR dari Registrasi hingga Akad

Penentuan lama proses KPR sampai akad kredit tentunya akan sangat bergantung dari waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tahapan sebelumnya. Apa saja sih langkah-langkah pengajuan KPR hingga akad?

Mengapa prosesnya bisa sampai ada yang memakan waktu cukup lama? Untuk Anda yang belum paham, maka langkah pertama adalah proses registrasi serta cek kelengkapan dokumen. Selanjutnya pihak bank akan melakukan BI checking. Baca Ciri Dan Pengalaman KPR Ditolak Bank

Setelah lolos ini, maka tahapan berikutnya bank akan melakukan penelusuran terkait harga untuk rumah yang Anda ajukan. Harga yang sudah deal, menandakan bahwa Anda lolos dan akad kredit bisa segera dilaksanakan.

error: Content is protected !!