Perhitungan Asuransi Motor Kredit Hilang dan Cara Ngurusnya

Saat motor kredit sudah diasuransikan, maka debitur dapat sedikit tenang ketika motor kredit itu hilang. Sebab dengan begitu perusahaan asuransi akan menanggung kerugian akibat kehilangan motor kredit itu. Bagaimanakah perhitungan asuransi motor kredit hilang?

Setiap perusahaan asuransi biasanya mempunyai cara perhitungannya sendiri-sendiri. Contohnya asuransi Garda Oto. Berikut adalah perhitungannya :

Semisal si A mempunyai sepeda motor Honda Vario seharga Rp 20 juta yang sedang kredit dan diasuransikan di Garda Oto. Asuransi yang digunakan ialah Total Loss Only dengan tariff 1,8%. Dengan begitu, premi yang dibayarkan si A per bulan ialah : Rp 20 juta x 1,8% = Rp 410.000,- ditambah dengan biaya administrasi polis.

Advertisements

Biasanya, pada 6 bulan pertama kredit, penggantian kerugian nilainya adalah 100%. Pada 6 bulan kedua sebesar 95%. Tahun kedua 85% dan tahun ketiga 75%. Uang pertanggungan ini nantinya akan dikurangi dengan biaya resiko sendiri, besarnya sesuai yang tertera di polis asuransi. Biasanya besar biaya ini adalah 10%.

Ternyata kemudian motor si A ini hilang pada 6 bulan pertama kredit. Setelah diestimasi, nilai kendaraan si A sebelum hilang ternyata ialah Rp 19.500.000,-. Dengan begitu, si A akan memperoleh penggantian sebesar Rp 19.500.000,- dengan dikurangi resiko sendiri, sesuai dengan ikhtisar Pertanggungan. Jadi 10% x 19.500.000 = 1.950.000. Sehingga Rp 19.500.000 – Rp 1.950.000 = 17.550.000. Baca Jika Motor Kredit Kecelakaan Saya Harus Bagaimana

Namun, karena status motor si A ini merupakan kredit, maka uang pertanggungan tersebut akan digunakan untuk melunasi sisa angsuran kredit motor si A. Apabila angsuran kredit belum lunas juga setelah dibayar dengan biaya pertanggungan asuransi, maka debiturlah yang harus melunasi sisanya.

Itulah perhitungan asuransi motor kredit hilang di Garda Oto.

Cara Mengurus Asuransi Motor Kredit yang Hilang

Cara mengurus asuransi motor kredit yang hilang cukup mudah. Anda perlu menghubungi pihak leasing dan melaporkan bahwa kendaraan motor kredit telah hilang. Kemudian siapkan beberapa dokumen berikut :

Advertisements
  • Fotokopi KTP
  • Laporan Polisi (PL) atau Surat Tanda Penerimaan Laporan Polisi (STPL)
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • Kunci Kontak
  • Laporan kemajuan dan BAP (Berita Acara Pemeriksaan) dari Kapolsek atau Kapolres
  • Surat blokir BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) serta surat pengantar blokir STNK dari SAMSAT setempat
  • Surat keterangan kehilangan kendaraan yang diterbitkan oleh Kasatserse atau Kaditserse atau Dit Reskrim

Itulah dokumen persyaratan yang harus disiapkan oleh nasabah ketika hendak mengajukan klaim asuransi motor kredit. Biasanya, persyaratan dokumen ini harus dilengkapi dalam waktu maksimal 30 hari sejak pelaporan klaim asuransi. Baca Prosedur Klaim Asuransi WOM Finance

Setelah semua dokumen terkumpul, anda perlu menyerahkan dokumen tersebut ke pihak leasing sehingga pengajuan klaim asuransi dapat diproses.

Disarankan untuk segera mengurus klaim asuransi motor kredit yang hilang. Dengan begitu asuransi dapat segera diklaim dan bukti-bukti kejadian masih dapat ditelusuri. Biasanya, tertanggung akan memperoleh dana asuransi sekitar 2 minggu setelah pelaporan.

Selain kehilangan, motor kredit yang mengalami kecelakaan juga dapat diproses, asalkan nilai kerusakan sama dengan atau lebih dari 75%. Syarat dokumen yang diperlukan untuk mengajukan klaim asuransi motor kredit kecelakaan ialah :

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi SIM pengemudi saat kecelakaan terjadi
  • Laporan Polisi (PL) atau Surat Tanda Penerimaan Laporan Polisi (STPL)
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • Kunci Kontak

Tentang Asuransi Motor

Ada 2 jenis asuransi motor yakni :

  • Total Loss Stolen, ialah asuransi yang mengganti nilai kerugian secara menyeluruh atas kendaraan yang hilang akibat dicuri
  • Total Loss Accident, ialah asuransi yang mengganti nilai kerugian secara menyeluruh atas kendaraan yang mengalami kecelakaan yakni ditabrak, yang mana seluruh hal terkait asuransi ini diatur dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI)

Baca Biaya Asuransi Motor per Tahun Berapa Ya

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis kerusakan atau kehilangan motor dapat diklaim. Contoh kerusakan yang tidak dapat diklaim ialah apabila motor kecelakaan sebab melanggar peraturan lalu lintas. Seluruh hal yang mengatur ketentuan klaim ini dapat ditelusuri di polis asuransi.

error: Content is protected !!