Segini Kisaran Biaya Balik Nama BPKB Motor

Balik nama BPKB motor adalah prosedur yang harus dilakukan pemilik motor yang baru, jika memperoleh motor hibah dari orang lain atau membeli motor second. Pengurusan balik nama BPKB motor dilakukan di Polda.

Sementara balik nama STNK dilakukan di Kantor SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap). Pada saat balik nama BPKB motor, tentu dikenakan biaya. Berapa kisarannya?

Biaya balik nama BPKB motor adalah Rp.275.000 untuk roda 2 atau 3. Sedangkan untuk kendaraan roda 4 biaya balik nama BPKB adalah Rp.375.000. Biaya ini termasuk dalam kategori non pajak.

Advertisements

Biaya Balik Nama BPKB Motor

Selain biaya balik nama BPKB, ada biaya lain yang dibayarkan saat balik nama. Biaya ini termasuk dalam kategori pajak :

  1. SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan)

Biaya ini sifatnya wajib, nominalnya terdapat pada STNK motor.

  1. BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)

BBN-KB ini adalah biaya yang pasti dibayarkan ketika membeli motor, baik baru atau bekas. Biaya yang dikenakan di tiap daerah berbeda-beda nominalnya.

  1. PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

PKB adalah pajak yang wajib dibayarkan tiap tahunnya. PKB dapat dicek di STNK kendaraan.

Balik nama BPKB sangat penting untuk dilakukan, hal ini dapat mempermudah hal-hal yang berurusan dengan motor di masa depan. Semisal, untuk membayar pajak motor, biasanya persyaratannya adalah KTP asli sesuai BPKB. Baca Apa Saja Syarat Balik Nama Motor

Jika belum balik nama, otomatis harus meminjam KTP pemilik motor sebelumnya. Kondisi masih aman jika pemilik motor sebelumnya  tinggal di daerah yang sama dan berbaik hati meminjamkan KTP. Jika tidak, maka bisa kebingungan saat mau membayar pajak.

            Prosedur dan syarat mengurus balik nama BPKB motor sebenarnya tidak sulit. Yang pertama-tama dilakukan saat mengurus balik nama BPKB motor adalah balik nama STNK.

Syarat dan Prosedur untuk Mengurus Balik Nama STNK Motor

Syarat mengurus balik nama STNK motor antara lain :

  1. STNK asli dan fotokopi
  2. BPKB asli dan fotokopi
  3. KTP asli dan fotokopi (pemilik baru)
  4. Kwitansi pembelian

Sementara prosedur balik nama STNK motor adalah : Baca Berapakah Biaya Balik Nama BPKB Mobil

Advertisements
  1. Siapkan persyaratan yang diperlukan untuk balik nama STNK Motor
  2. Di Kantor Samsat, akan dilakukan pengecekan fisik sebelum pengurusan balik nama STNK Motor. Dari cek fisik ini, akan diterbitkan hasil cek fisik yang menjadi syarat balik nama STNK motor
  3. Tahap selanjutnya adalah mendaftar di Loket Pendaftaran. Petugas akan memberikan formulir pendaftaran balik nama untuk diisi. Petugas kemudian juga akan mengecek tentang dokumen yang dibawa. Apabila dokumen memenuhi syarat, maka akan dilakukan pengambilan kartu induk.
  4. Selanjutnya, adalah pembayaran balik nama STNK. Bayarlah biaya balik nama STNK motor sesuai yang tertera pada lembar tagihan. Setelahnya, akan diberikan bukti pembayaran lunas.
  5. Selanjutnya, akan dilakukan pencetakan STNK.
  6. STNK yang telah balik nama dapat diambil di loket pengambilan. Lama pencetakan STNK ini tergantung pada kebijakan masing-masing Samsat.

Syarat dan Prosedur Mengurus Balik Nama BPKB Motor

Syarat yang perlu disiapkan dalam mengurus balik nama BPKB motor adalah sebagai berikut :

  1. STNK asli dan fotokopi (STNK yang baru balik nama)
  2. KTP asli dan fotokopi
  3. BKPB asli dan fotokopi
  4. Fotokopi hasil cek fisik
  5. Kwitansi pembelian motor

Prosedur balik nama BPKB motor adalah sebagai berikut :

  1. Pertama-tama, datangi Loket Pendaftaran untuk mengisi formulir. Di loket ini, petugas juga akan mengoreksi dan mengecek kelengkapan dokumen. Setelahnya, akan diberikan kartu induk.
  2. Langkah selanjutnya adalah pembayaran PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)
  3. Setelahnya akan dicetak kartu induk beserta BPKB. Anda akan menandatangani BPKB. BPKB yang telah jadi itu kemudian dapat diambil di loket pengambilan. Baca Tahapan Plus Biaya Balik Nama Motor dan Mutasi

Waktu yang Diperlukan untuk Balik Nama BPKB

Proses balik nama BPKB motor berbeda-beda pada tiap kasusnya. Semua itu tergantung kepada Samsat daerah masing-masing serta lengkap tidaknya dokumen persyaratan. Kisaran waktu yang dibutuhkan untuk balik nama STNK dan BPKB motor ialah 1 – 4 bulan.

error: Content is protected !!