Solusi Jika Nama di STNK dan BPKB Berbeda

TNK dan BPKB adalah dokumen penting kendaraan bermotor. Idealnya data-data yang ada di STNK dan BPKB harusnya sama. Data yang dimaksud contohnya adalah nama pemilik kendaraan bermotor. Namun, kadang ada kejadian nama yang tertera di STNK berbeda dengan yang terdapat pada BPKB.

Hal ini bisa terjadi ketika membeli kendaraan secara kredit, sehingga di BPKB tertera kepemilikan atas nama dealer. Jika sudah seperti ini, apa yang harus dilakukan?

Advertisements

Ketika nama yang tertera di STNK sudah atas nama pemilik, maka perlu melakukan penyesuaian STNK dan BPKB di Kantor Samsat. Bagaimana proses penyesuaian STNK dan BPKB di Samsat?

  1. Siapkan persyaratan yakni dokumen asli dan fotokopi STNK, BPKB, KTP, SIM dan kwitansi pembelian motor.
  2. Kunjungi Kantor Samsat dengan membawa persyaratan tadi. Yang pertama dilalui adalah cek fisik kendaraan.
  3. Setelah dilakukan cek fisik, di loket pendaftaran petugas akan memberikan form yang harus diisi. Setelah form itu diisi, petugas juga akan meminta dokumen persyaratan sebagai kelengkapan syarat.
  4. Petugas akan memproses permohonan penyesuaian STNK dan BPKB. Setelah itu akan diberikan bukti untuk pengambilan STNK. Biasanya STNK yang baru ini dapat diambil di lain hari.
  5. Pada saat pengambilan akan dilakukan pula pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). STNK baru yang namanya sudah sesuai dengan BPKB pun sudah dapat dibawa.

Adapun jenis biaya yang dibayarkan dalam Pajak Kendaraan Bermotor adalah : Baca Berapakah Biaya Balik Nama BPKB Mobil

  1. BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)

BBN KB merupakan biaya yang dibayarkan untuk penyerahan hak milik kendaraan bermotor, entah itu pembelian, warisan, hibah atau tukar-menukar.

  1. PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

Pajak Kendaraan Bermotor merupakan pajak yang dipungut atas kepemilikan kendaraan bermotor. Tarif pajak kendaraan bermotor berbeda-beda, tergantung pada jenis kendaraan serta jumlah kepemilikan kendaraan.

  1. SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas)

SWDKLLJ merupakan biaya yang dibayarkan sehingga saat terjadi kecelakaan lalu lintas, resiko dapat ditanggungkan pada Jasa Raharja.

  1. ADM STNK

ADM STNK merupakan biaya administrasi pada saat pengurusan STNK.

Advertisements
  1. Denda

Denda adalah biaya yang dibayarkan apabila pembayaran pajak dilakukan melebihi waktu yang telah ditentukan. Baca Begini Cara Mengetahui Nomor BPKB Pada STNK

Itulah komponen biaya yang dibayarkan pada pajak kendaraan bermotor. Biaya-biaya ini dapat dilihat pada STNK kendaraan masing-masing. Selain itu, pajak kendaraan bermotor dapat dilihat secara online yakni melalui e-Samsat.

Untuk saat ini, layanan e-Samsat ini hanya tersedia di beberapa daerah, seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali dan Banten. Cara mengecek pajak kendaraan bermotor secara online ini caranya sangat mudah. Hanya dengan menginput nomor polisi kendaraan di kolom tersedia dan klik “Cari”, maka informasi tentang kendaraan serta pajaknya akan muncul.

Tidak hanya pengecekannya, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor juga dapat dilakukan secara online. Perlu diketahui bahwa pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online ini hanya dapat dilakukan jika kendaraan tidak mengalami keterlambatan pembayaran lebih dari 1 tahun, kendaraan tidak sedang terkait kasus kriminal atau tidak hilang, serta lengkap surat-suratnya. Berikut adalah langkah pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor secara online :

Langkah pertama adalah memperoleh kode bayar. Kode bayar dapat diperoleh dengan mengakses situs e-Samsat atau menginstall aplikasi Samsat Online di Smartphone. Kemudian isikan data tentang kota tempat registrasi kendaraan, lokasi samsat serta nomor polisi kendaraan bermotor.

Klik “Cari”, maka akan muncul identitas serta besar pajak yang harus dibayar. Selanjutnya, masukkan juga nomor BPKB serta nomor rangka. Pilihlah Samsat untuk pengesahan STNK di lingkungan Anda serta jenis bank untuk pembayaran pajak kendaraan. Dengan begitu, kode bayar akan muncul. Kode bayar inilah yang digunakan untuk membayar pajak. Baca Cara Cek STNK Asli Online Dengan Mudah

Kunjungi ATM, atau gunakan internet banking untuk melakukan pembayaran. Caranya adalah melalui menu “Pembayaran”, lalu menu “Pajak/Penerimaan Negara). Setelah pembayaran dilakukan, jangan lupa simpan struk atau bukti pembayaran yang lainnya. Bukti pembayaran ini digunakan untuk melakukan pengesahan STNK di Kantor Samsat.

Advertisements
error: Content is protected !!