Solusi Saat Motor Hilang Saat Kredit

Motor kredit tidak terlepas dari resiko hilang saat dipakai. Ketika terjadi kehilangan, kebingungan pun melanda. Angsuran belum selesai, motor sudah hilang. Bagaimanakah solusinya?

Sebenarnya, resiko kehilangan motor saat kredit bisa ditangani, asalkan debitur mendaftarkan asuransi untuk motor yang dikredit. Dengan adanya asuransi, maka debitur juga harus membayar polis asuransi. Kelebihan dari asuransi motor saat kredit ialah, jika terjadi kehilangan, maka anda tidak akan menanggungnya sendiri.

Anda dapat melakukan klaim kepada perusahaan pembiayaan yang biasanya melakukan rekanan dengan perusahaan asuransi. Dengan begitu, sisa angsuran akan dibayarkan oleh perusahaan pembiayaan. Saat ini, banyak perusahaan pembiayaan yang menyertai produk kredit motornya dengan asuransi.

Advertisements

Beda cerita kalau motor kredit tidak terdaftar pada asuransi. Ketika motor sudah hilang, maka debitur harus berusaha melunasi sisa kreditnya sendiri.

Hal ini juga berlaku untuk kasus kerusakan motor kredit akibat kecelakaan. Perusahaan asuransi akan menanggung kerusakan apabila nilai kerusakan sama dengan atau lebih dari 75% nilai motor.

Jenis-jenis Asuransi Motor

Ada 2 Jenis Asuransi Motor, yakni Asuransi All Risk dan Total Loss Only. Apakah perbedaanya? Baca Biaya Asuransi Motor Adira Per Bulan

  • Asuransi All Risk

Asuransi All Risk merupakan asuransi yang menanggung segala jenis kerusakan baik besar atau kecil. Asuransi All Risk biasanya juga dapat diklaim jika kerusakan diakibatkan oleh bencana. Biasanya asuransi ini digunakan untuk kendaraan sepeda motor dengan harga lebih dari Rp 30 juta.

  • Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi Total Loss Only ialah asuransi yang dapat diklaim hanya apabila kerusakan lebih dari 75% atau terjadi pencurian alias kehilangan total.

Selain perlindungan terhadap sepeda motor, asuransi motor biasanya juga dapat diperluas hingga jaminan perawatan medis hingga pertanggungan untuk pihak ketiga yang terkena dampak kecelakaan.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa kondisi yang mengakibatkan klaim asuransi ditolak. Kondisi itu antara lain, pengemudi melanggar peraturan lalu lintas yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, motor digunakan untuk memuat beban yang tidak semestinya, kehilangan akibat penggelapan oleh famili, dan lain-lain. Seluruh ketentuan tentang kondisi ini tercantum di polis asuransi. Karena itu, baca baik-baik polis asuransi anda.

Advertisements

Cara Klaim Asuransi Motor

            Jika terjadi kecelakaan atau kehilangan pada motor, maka sudah waktunya mengklaim asuransi. Bagaimana cara mengklaim asuransi motor?

Pertama-tama, pastikan bahwa penyebab klaim asuransi telah sesuai dengan syarat yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Persyaratan ini biasanya terdapat dalam polis asuransi. Klaim asuransi di Adira dapat diberikan kepada debitur apabila kendaraan hilang (Total Loss Stolen) atau kecelakaan total (Total Loss Accident) dengan nilai kerusakan minimal 75%. Baca Cara Klaim Asuransi Kehilangan Motor Mega Finance

Jika klaim asuransi dilakukan karena adanya kecelakaan atau Total Loss Accident, maka persyaratan dokumen yang disiapkan adalah :

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi SIM pengemudi saat kecelakaan terjadi
  • Laporan Polisi (PL) atau Surat Tanda Penerimaan Laporan Polisi (STPL)
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • Kunci Kontak

Sementara, dokumen klaim asuransi yang disiapkan untuk penyebab kehilangan akibat pencurian (Total Loss Stolen) adalah :

  • Fotokopi KTP
  • Laporan Polisi (PL) atau Surat Tanda Penerimaan Laporan Polisi (STPL)
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • Kunci Kontak
  • Laporan kemajuan dan BAP (Berita Acara Pemeriksaan) dari Kapolsek atau Kapolres
  • Surat blokir BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) serta surat pengantar blokir STNK dari SAMSAT setempat
  • Surat keterangan kehilangan kendaraan yang diterbitkan oleh Kasatserse atau Kaditserse atau Dit Reskrim

Itulah dokumen persyaratan yang harus disiapkan oleh nasabah ketika hendak mengajukan klaim asuransi. Biasanya, persyaratan dokumen ini harus dilengkapi dalam waktu maksimal 30 hari sejak pelaporan klaim asuransi.

Setelah mengantongi seluruh persyaratan asuransi, maka tinggal mendatangi kantor perusahaan pembiayaan atau perusahaan asuransi yang menjamin motor anda. Baca Cara Klaim Asuransi Mobil Toyota

Disana, petugas akan meminta anda untuk mengisi formulir klaim sembari melengkapi seluruh persyaratan dokumen. Perusahaan asuransi pun akan memproses pengajuan klaim. Apabila pengajuan klaim disetujui, maka dana dapat dicairkan dalam waktu 7 – 14 hari.

error: Content is protected !!