Syarat Pengajuan KPR BTN Untuk Pegawai Kontrak

Mempunyai sebuah rumah idaman tentunya merupakan impian setiap orang. Namun, sayangnya harga rumah yang semakin mahal dan gaji yang tidak sesuai sering kali menjadi penghambat. Untuk mengatasi hal tersebut, KPR merupakan sebuah solusi yang dapat Anda manfaatkan.

Pemerintah telah bekerja sama dengan beberapa pihak bank untuk menyediakan program KPR, termasuk bank BTN. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai bagaimana cara pengajuan KPR BTN untuk pegawai kontrak agar bisa lolos didanai.

Persiapan Matang Proses Pengajuan

Pada umumnya sebuah bank akan lebih memprioritaskan kepada mereka yang memiliki status pegawai atau karyawan tetap daripada mereka yang berstatus kontrak. Hal tersebut tentunya sangat rasional.

Advertisements

Pegawai yang berstatus tetap memiliki jaminan untuk dapat mengembalikan pinjaman dana pembangunan rumah dengan pasti. Tidak seperti para karyawan kontrak yang mana memiliki resiko tinggi untuk dipecat sewaktu-waktu. Baca Begini Prosedur Pinjaman Koperasi Karyawan Kontrak

Namun, pengajuan KPR BTN untuk pegawai kontrak tetap bisa dilakukan asalkan melakukan persiapan yang matang. Berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan:

Dokumen yang Harus dilengkapi

Persiapkan dokumen-dokumen yang ada di bawah ini, sewaktu mengajukan KPR BTN Platinum. Dokumen ini bakal dokumen pendukung untuk pihak bank memproses aplikasi KPR Anda.

* Lembar formulir aplikasi KPR
* Fotocopy KTP pemohon suami atau istri
* Fotocopy surat nikah/cerai
* Fotocopy kartu keluarga
* Fotocopy terkini dari Pemohon dan Pasangan
* Fotocopy tabungan/rekening koran/Giro di bank BTN/bank lain dalam tiga bulan terakhir
* Fotocopy NPWP Pribadi untuk pengajuan dengan jumlah > Rp 100 juta
* Fotocopy akte pendirian perusahaan & izin praktek/usaha profesi, SIUP, TDP, SITU
* Fotocopy SHM/SHGB, IMB & PBB
* Fotocopy SPT Pph Ps.21 untuk kredit > Rp 50 juta s/d Rp 100 juta
* Slip gaji asli/surat keterangan penghasilan
* Surat keterangan kerja dan penghasilan

  • Rasio hutang yang logis

Ketika seorang karyawan atau pegawai kontrak melakukan pengajuan KPR untuk mendapatkan rumah idamannya, maka pastikan rasio hutang yang dilakukan masuk akal. Anda tidak boleh mengajukan rasio hutang yang terlalu besar.

Advertisements

Pengajuan yang diperbolehkan sekitar 30-40% dari penghasilan yang dimiliki. Jika mengajukan di luar kisaran tersebut, pihak dari bank tentu tidak akan secara mudah meloloskan kredit Anda bahkan tidak mungkin. Bank akan melihat Anda sebagai seorang customer yang berisiko tinggi untuk diberi kepercayaan. Oleh karena itu, perhitungkan dengan baik rasio hutang yang dimiliki.

  • Catatan kredit yang bersih

Terkait masalah catatan kredit bersih dapat dijadikan sebagai acuan yang sangat penting. Adanya sistem informasi debitur yang dimiliki oleh Bank Indonesia dapat digunakan sebagai acuan. Jika ternyata Anda memiliki rekam jejak kredit yang buruk, maka pihak bank BTN akan segera mengetahuinya.

Pihak bank tentunya tidak akan mempertimbangkan Anda lagi sebagai seorang calon nasabah KPR jika sampai memiliki riwayat yang buruk. Baca 6 Bank Yang Menerima KPR Karyawan Kontrak Mudah Cair

Apabila ingin berada pada posisi aman, maka usahakan selalu membayar semua cicilan hutang yang dimiliki sesuai dengan waktu tempo dan lunas. Jangan sampai menimbulkan masalah bahkan masuk ke dalam katagori blacklist.

Ucapkan selamat tinggal pada pengajuan KPR Anda. Jangan pernah menyepelekan hal tersebut. Pengajuan KPR BTN untuk pegawai kontrak akan memiliki peluang lolos yang besar jika Anda memiliki catatan kredit yang bersih.

  • Pilih rumah yang sesuai kemampuan

Untuk poin yang terakhir adalah lihat batas kemampuan yang dimiliki. Jangan sampai hanya karena terobsesi ingin memiliki rumah mewah, Anda mengajukan KPR untuk rumah yang harganya di luar batas kemampuan.

Pihak bank tentunya juga akan melakukan pertimbangan terkait rasio pendapatan dengan harga rumah yang diinginkan. Penghasilan dari calon customer tersebut akan dilihat apakah mampu kiranya membayar harga cicilan per bulan rumah tersebut.

Anda harus mampu melakukan perhitungan yang cermat untuk dapat mengetahui kiranya berapa nilai rumah yang bisa dicicil sesuai dengan kondisi.

Manfaat Melakukan Pengajuan Yang Matang

Semua poin-poin di atas harus Anda persiapkan secara matang. Hal tersebut akan membuka peluang lolos pengajuan KPR BTN untuk pegawai kontrak semakin terbuka lebar. Baca Syarat Pengajuan KPR Subsidi Untuk Outsourcing

Jika Anda sudah mempersiapkan segalanya secara lengkap dan matang, maka tidak lagi ada kesulitan berarti yang dapat diperoleh. Anda hanya perlu berdoa semoga usaha yang telah dilakukan untuk mendapatkan rumah idaman dapat terealisasi sesegera mungkin.

error: Content is protected !!