Tahapan Plus Biaya Balik Nama Motor dan Mutasi

Balik nama dan mutasi motor adalah istilah dalam pengurusan surat kendaraan bermotor. Balik nama berarti penggantian nama sebuah motor dari pemilik lama ke pemilik yang baru. Hal ini dilakukan setelah membeli motor second atau ketika motor merupakan hibah dan warisan.

Sementara mutasi motor berarti penggantian dalam hal identifikasi daerah motor. Mutasi dilakukan saat seseorang saat pindah daerah domisili. Sehingga identifikasi kendaraan juga sesuai dengan alamat domisili pemiliknya.

Advertisements

Prosedur balik nama dan mutasi motor bisa dilakukan dalam 1 waktu, biasanya saat seseorang membeli kendaraan bermotor second dari daerah lain.

Berikut kami sajikan informasi mengenai tahapan plus biaya balik nama dan mutasi motor.

Tahapan Balik Nama dan Mutasi Motor

Mengurus balik nama dan mutasi motor terdiri dari 2 tahap. Pertama adalah balik nama dan mutasi STNK, yang kedua adalah BPKB.

Syarat mengurus balik nama dan mutasi STNK antara lain :

  1. STNK asli dan fotokopi
  2. BPKB asli dan fotokopi
  3. KTP asli dan fotokopi (pemilik baru)
  4. Kwitansi pembelian

Sementara prosedur balik nama dan mutasi STNK adalah : Baca Cara Pengurusan BPKB dan STNK Motor Hadiah

  1. Bawa kendaraan ke Kantor Samsat. Di sini akan dilakukan pengecekan fisik sebelum pengurusan balik nama STNK. Dari cek fisik ini, akan diterbitkan hasil cek fisik yang menjadi syarat balik nama dan mutasi STNK
  2. Tahap selanjutnya adalah mendaftar di Loket Pendaftaran. Petugas akan memberikan formulir pendaftaran balik nama dan mutasi. Isi formulir dengan lengkap. Petugas kemudian juga akan mengecek tentang dokumen yang dibawa. Apabila dokumen memenuhi syarat, maka akan dilakukan pengambilan kartu induk.
  3. Selanjutnya, adalah pembayaran balik nama dan mutasi STNK. Bayarlah biaya balik nama dan mutasi STNK motor sesuai yang tertera pada lembar tagihan. Setelahnya, akan diberikan bukti pembayaran lunas.
  4. Selanjutnya, akan dilakukan pencetakan STNK.
  5. STNK yang telah balik nama dan mutasi dapat diambil di loket pengambilan. Lama pencetakan STNK ini tergantung pada kebijakan masing-masing Samsat.

Setelah melakukan balik nama dan mutasi STNK, maka sampai ke tahap berikutnya yaitu balik nama dan mutasi BPKB. Syarat untuk balik nama dan mutasi BPKB motor adalah sebagai berikut :

Advertisements
  1. STNK asli dan fotokopi (STNK yang baru balik nama)
  2. KTP asli dan fotokopi
  3. BKPB asli dan fotokopi
  4. Fotokopi hasil cek fisik
  5. Kwitansi pembelian motor

Tahapan balik nama dan mutasi BPKB motor adalah :

  1. Pertama-tama, datangi Loket Pendaftaran untuk mengisi formulir. Di loket ini, petugas juga akan mengoreksi dan mengecek kelengkapan dokumen. Setelahnya, akan diberikan kartu induk.
  2. Langkah selanjutnya adalah pembayaran PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)
  3. Setelahnya akan dicetak kartu induk beserta BPKB. Anda akan menandatangani BPKB. BPKB yang telah jadi itu kemudian dapat diambil di loket pengambilan.

Biaya Balik Nama dan Mutasi Motor

            Saat balik nama motor, biasanya diharuskan membayarkan 2 jenis biaya. Biaya tersebut adalah biaya pajak dan non pajak. Baca Apa Saja Syarat Balik Nama Motor

  1. Biaya Balik Nama dan Mutasi STNK
  2. SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan)

Biaya ini sifatnya wajib, nominalnya tergantung pada jenis motor.

  1. BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)

BBN-KB ini adalah biaya yang pasti dibayarkan ketika membeli motor, baik baru atau bekas. Biaya yang dikenakan di tiap daerah berbeda-beda nominalnya.

  1. PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

PKB adalah biaya yang dibayarkan tiap tahunnya. Besar PKB tiap kendaraan berbeda-beda tergantung pada tipe dan tahun kendaraan. Besar PKB dapat dicek di STNK kendaraan.

  1. Biaya Administrasi dan Cek Fisik

Biaya ini dikenakan untuk pendaftaran, cek fisik dan ganti plat motor. Biaya pendaftaran cek fisik dan ganti plat motor berbeda-beda pada tiap daerah.

  1. Biaya Balik Nama dan Mutasi BPKB
  2. Biaya Penerbitan BPKB

Biaya penerbitan ganti kepemilikan BPKB untuk kendaraan roda 2 dan 3 adalah Rp.225.000. Baca Berapakah Biaya Balik Nama BPKB Mobil

  1. Biaya Administrasi

Biaya administrasi yang dimaksud disini ialah biaya cek fisik dan pendaftaran. Besar biaya tergantung pada kebijakan Samsat masing-masing daerah.

Advertisements
error: Content is protected !!