Telat Berapa Bulan Motor Ditarik Leasing

Mengetahui tentang informasi telat berapa bulan motor ditarik leasing tentu menjadi hal yang cukup penting. Pembelian sepeda motor secara kredit memang menjadi pilihan utama dari sebagian besar masyarakat Indonesia.

Namun walaupun terbilang lebih gampang karena tidak perlu mengeluarkan uang penuh untuk bisa membeli, cara kredit tentu membuat setiap orang harus menanggung beban cicilan. Risiko tentu bisa didapat ketika beban cicilan telat atau tidak terbayar.

Mengetahui Prosedur Penarikan Motor

Risiko yang didapat ketika cicilan motor telat bisa saja berujung pada penarikan unit dari leasing. Namun penarikan ini tentu tidaklah langsung dilakukan perlulah beberapa prosedur yang biasa dilakukan sebelum penarikan unit motor dilakukan. Baca Berapakah Denda Telat Bayar Cicilan Motor Oto Per Hari

Advertisements

Untuk apa saja prosedurnya adalah seperti berikut:

  • Peringatan melalui telepon ataupun surat

Prosedur awal yang dilakukan oleh leasing ketika mendapati ada debitur yang mengalami keterlambatan pembayaran cicilan adalah melakukan teguran baik melalui telepon ataupun surat. Biasanya ini diberikan saat keterlambatan sudah mencapai beberapa hari. Jadi pertanyaan telat berapa bulan motor ditarik leasing  belumlah terjawab pada prosedur awal ini.

  • Mendatangi pihak debitur

Prosedur lanjutan dari peringatan yang sebelumnya telah dilakukan adalah petugas leasing mendatangi pihak debitur secara langsung. Hal ini diterapkan ketika debitur tak kunjung membayar walaupun telah mendapatkan surat peringatan.

Nantinya petugas leasing akan menanyakan perihal alasan keterlambatan. Kedua belah pihak bisa mencari jalan tengah mengenai tenggat waktu pembayaran cicilan beserta denda pada kesempatan kali ini.

Bisa dibilang ini adalah langkah pemberian peringatan kedua pada pihak debitur. Jika setelah proses ini debitur masih belum bisa membayar cicilan, barulah penarikan motor dilakukan.

  • Melakukan penarikan motor

Ini adalah prosedur akhir dari penanganan keterlambatan cicilan yang dilakukan oleh debitur. Langkah ini dilakukan setelah tidak menemukan jalan keluar dari 2 prosedur yang sebelumnya telah dijelaskan.

Advertisements

Untuk waktu dari penerapan penarikan motor biasanya dilakukan setelah pihak debitur tidak membayar cicilan selama beberapa bulan. Jika masih dalam hitungan haru, maka langkah pertama dan kedua yang akan dipakai. Baca Cara Membayar Pajak Motor Bekas Nama Sendiri dan Orang Lain

Untuk penarikan sendiri bisa dilakukan di berbagai macam tempat, baik di jalan, di rumah, ataupun di mana saja. Jadi bagi Anda yang sedang mengalami keterlambatan pembayaran motor sebaiknya cepat untuk dilunasi. Bukan hanya mendapatkan denda saja, melainkan risiko diambilnya motor di jalan oleh pihak leasing juga bisa saja didapatkan.

Batas Waktu Penerapan Tarikan Unit Moro Oleh Leasing

Untuk batas waktu dari telat berapa bulan motor ditarik leasing ini tentu tergantung dari perusahaan leasing yang dipakai oleh debitur. Tiap jenis perusahaan tentu akan menentukan kebijakan yang berbeda. Untuk perusahaan FIF biasanya ditetapkan setelah 2 bulan masa telat, sedangkan untuk Adira adalah 2-3 bulan.

Setelah unit motor ditarik, pihak leasing tentu masih membuka jalan bagi debitur untuk bisa mengambilnya. Namun untuk bisa mengambilnya tentu harus dilakukan dengan pembayaran lunas angsuran yang menunggak beserta uang denda.

Pihak leasing sebenarnya masihlah menginginkan pembayaran lunas dari unit motor tersebut. Langkah penarikan ini dilakukan sebagai wujud dari pengamanan aset yang masih belum menjadi hak sepenuhnya dari debitur.

Itulah informasi yang bisa kami berikan tentang prosedur penarikan motor ketika telat membayar cicilan. Baca Ini Prosedur Kerjasama Dengan Leasing Motor Dan Mobil

Jadi kesimpulannya ada jeda beberapa bulan telat pembayaran cicilan untuk motor bisa tertarik dan masing-masing perusahaan leasing memiliki kebijakan tersendiri. Semoga dengan penjelasan yang kami berikan mampu menjawab pertanyaan Anda tentang telat berapa bulan motor ditarik leasing.

error: Content is protected !!